Jakarta (ANTARA News) - Ponsel pintar terbaru dari Nokia, N9 "all-screen" kemungkinan tidak akan diluncurkan di Inggris.

N9 telah menerima beberapa ulasan awal positif dan menarik minat besar karena sebagai satu-satunya ponsel Nokia saat ini yang menjalankan sistem operasi MeeGo.

Nokia akan merilis ponsel pintar pertama Windows 7 pada akhir tahun ini sehingga komitmen Nokia untuk MeeGo kembali dipertanyakan para analis.

Meskipun Nokia tidak bisa dihubungi, menurut laman N9, Inggris tidak termasuk daftar ketersediaan ponsel pintar N9. Sementara itu, Selandia Baru, Malaysia dan Australia akan mendapatkan N9, tapi pasar lainnya belum dikonfirmasi. Baru-baru ini, N9 telah diluncurkan di Singapura.

Perusahaan smartphone raksasa Nokia telah meluncurkan berbagai ponsel baru termasuk perangkat andalan N9. Ponsel pintar itu menampilkan desain 'semua-layar' yang menggantikan tombol home dengan gestur 'menggesek' sehingga pengguna kembali ke layar perangkat utama dengan mudah.

Kepala Desain Nokia Marko Ahtiasari mengatakan keunggulan Nokia N9 adalah desainnya yang unik dengan desain all screen dan kerangka Qt yang ekspresif untuk para pengembang. Produk itu akan berkembang dalam produk-produk Nokia di masa depan."

N9 juga dilengkapi dengan kamera 8MP, penyimpanan sebesar 64 GB dan standar navigasi software Nokia yang berpindah-pindah. Nokia telah mengumumkan sistem operasi Symbian terbaru 'Anna' yang akan tersedia bulan depan. Harga N9 belum diumumkan, demikian Telegraph.

(Adm/S026)
Editor: Suryanto